Thursday, May 10, 2012

Kebutuhan Manusia






Secara lazim, makhluk hidup memiliki aspek kebutuhan untuk bertahan hidup dan untuk menjalankan kehidupan secara layak yang bertujuan untuk menjaga kestabilan hidup yang baik. Selain kebutuhan pokok manusia yang sering kita dengar seperti kebutuhan primer, kebutuhan sekunder dan kebutuhan tersier, manusia juga memiliki kebutuhan-kebutuhan lain yang dikelompokkan sebagai berikut :

Kebutuhan Manusia Berdasarkan Sifat

1. Kebutuhan Jasmani / Kebutuhan Fisik
Kebutuhan jasmani / kebutuhan fisik yaitu kebutuhan yang berhubungan dengan badan / fisik secara lahiriah atau tubuh seseorang. Contohnya seperti makanan, minuman, pakaian, sandal, pisau cukur, tidur, buang air kecil dan besar, seks, dan lain sebagainya.

2. Kebutuhan Rohani / Kebutuhan Mental
Kebutuhan rohani / kebutuhan mental yaitu kebutuhan yang dibutuhkan seseorang untuk mendapatkan sesuatu bagi jiwanya secara kejiwaan. Contohnya seperti mendengarkan musik, siraman rohani, beribadah kepada Tuhan YME, bersosialisasi, pendidikan, rekreasi, hiburan, dan lain-lain.

Kebutuhan Manusia Berdasarkan Waktu

1. Kebutuhan Sekarang
Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang benar-benar diperlukan pada saat ini secara mendesak. Contoh adalah makan karena sangat lapar, pengobatan akibat kecelakaan, dan lain sebagainya.

2. Kebutuhan Masa Depan
Kebutuhan masa depan adalah kebutuhan yang dapat ditunda serta dipenuhi di lain waktu di masa yang akan datang. Contoh yaitu pergi haji, pendidikan tinggi, dan lain sebagainya.

Kebutuhan Manusia Berdasarkan Subjek / Subyek Penggunanya


  • Kebutuhan Individual / Individu / Pribadi (Khusus)
Kebutuhan individu adalah jenis kebutuhan yang dibutuhkan oleh orang perseorangan secara pribadi (khusus).
Contoh : sikat gigi, menuntut ilmu, sholat lima waktu, makan, dan banyak lagi contoh lainnya.
  • Kebutuhan Sosial / Kolektif (Umum)

Kebutuhan sosial adalah kebutuhan akan berbagai barang dan jasa yang digunakan untuk memuaskan kebutuhan sosial suatu kelompok masyarakat (lingkungan). 
Contoh: jalan umum, penerangan tempat umum, berbisnis, berorganisasi, dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.
Terima kasih