Sunday, May 6, 2012

Primer, Sekunder & Tersier


Kebutuhan manusia untuk mempertahankan hidupnya dengan baik memerlukan kebutuhan. Kebutuhan manusia tidak terbatas jumlahnya, beraneka macam jenisnya, tidak berhenti untuk memenuhi keinginan tertentu, berubah dan berkembang baik dari segi kuantitas dan kualitas, kebutuhan sering timbul dalam waktu yang bersamaan, dan tidak ada batas waktu berhentinya.  
Makin bertambahnya jumlah populasi penduduk, semakin maju ilmu pengetahuan dan teknologi, makin luas ruang lingkup ia bersosialisasi, serta semakin meningkatnya tingkat peradaban manusia termasuk faktor yang menyebabkan kebutuhan manusia tidak terbatas jumlahnya (selalu bertambah).
Semakin banyak kebutuhan dalam pola hidup manusia, maka untuk mempermudah memahami kebutuhan tersebut dapat digolongkan dalam beberapa klasifikasi. Ada kebutuhan Primer, Kebutuhan Sekunder dan Kebutuhan Tersier.

Kebutuhan Primer
Kebutuhan primer adalah kebutuhan utama ( pokok ) wajib yang harus dipenuhi untuk mempertahankan hidup. Kata primer berasal dari kata primus, yang berarti pertama. Kebutuhan primer terdiri atas pangan, sandang, dan papan (Makanan, pakaian, dan rumah). Tanpa makanan, pakaian, dan rumah manusia bisa mati kelaparan, kedinginan, dan kepanasan.

 Kebutuhan Sekunder
Kebutuhan sekunder yaitu kebutuhan kedua  setelah kebutuhan primer terpenuhi. Kata sekunder berasal dari kata scundus, yang berarti kedua. Contoh kebutuhan sekunder semisal perabot rumah tangga (meja, kursi, lemari,  televisi, radio), Kebutuhan pendidikan (sepatu, tas, kaos kaki, buku, pensil), dll. Manusia memenuhi kebutuhan sekunder dimaksudkan memenuhi kebutuhan dirinya sebagai makhluk sosial yang berbudaya dan saling bersosialisasi.


Kebutuhan Tersier

Kebutuhan tersier adalah kebutuhan ketiga setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Kata tersier berasal dari kata tertius yang berarti ketiga. Kebutuhan tersier disebut juga kebutuhan mewah atau lux. Kebutuhan ini umumnya dipenuhi oleh orang yang berpendapatan tinggi dan dilakukan untuk meningkatkan prestise atau kebanggaan di mata masyarakat. Contoh kebutuhan tersier, yaitu pakaian mewah, tas mewah, mobil mewah, rumah mewah, dan kapal pesiar mewah. Yang perlu diketahui, kebutuhan sekunder dan tersier berbeda untuk setiap orang atau golongan. 




Kebutuhan Primer
Kebutuhan Tersier















Kebutuhan Sekunder








No comments:

Post a Comment

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.
Terima kasih